Thursday, July 19, 2012

Kementerian Agama Gelar Sidang Itsbat Hari ini

Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat atau penetapan awal Ramadhan 1433 H, di kantor Kemenag Jakarta, Kamis (19/7) sore ini bertepatan dengan 29 Sya’ban 1433 H. Sidang itsbat akan dihadiri oleh perwakilan Nahdlatul Ulama (NU) dan berbagai elemen ormas Islam lainnya, MUI dan para pakar astronomi.

Seperti biasa, sidang itsbat didahului dengan paparan dari pakar astronomi sebelum maghrib dan secara resmi sidang dimulai selepas shalat magrib waktu Jakarta.

Dari NU sidang itsbat akan dihadiri langsung oleh Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri yang didampingi oleh beberapa pengurus.

“Kami siap menghadiri sidang itsbat awal Ramadhan untuk mencari titik temu,” kata KH A. Ghazalie Masroeri kepada NU Online di Jakarta, Rabu (18/7) dalam acara pertemuan Lajnah Falakiyah bersama lajnah, lembaga dan badan otonom NU terkait mekanisme penetapan awal bulan qamariyah dan penjelasan mengenai kemungkinan terjadinya perbedaan awal Ramadhan, di ruang pertemuan gedung PBNU, Jakarta (18/7) kemarin.

Terkait dengan ketidakhadiran Muhammadiyah dalam sidang ini, Kementerian Agama seperti diungkapkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Abdul Djamil tetap mengirimkan undangan kepada PP Muhammadiyah.

Seperti diwartakan, Muhammadiyah melalui ketua umum pimpinan pusatnya Din Syamsuddin pada Rabu (27/6) lalu menyatakan tidak akan mengikuti sidang isbat untuk penentuan awal Ramadhan tahun ini. Menurutnya, sidang isbat tidak perlu karena pemerintah dianggap tidak menerima aspirasi dari Muhammadiyah.

Sementara itu NU melalui Lajnah Falakiyah telah mengimbau pihak Muhammadiyah untuk tetap mengikuti Sidang Itsbat di kantor Kementerian Agama hari ini.

“Kita himbau Muhammadiyah untuk tetap ikut sidang itsbat dalam kebersamaan untuk mencari titik temu,” kata Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri kepada NU Online di Jakarta, Ahad (8/7) lalu.



sumber : www.nu.or.id

Ditulis Oleh : ircham yahya // 2:01 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment