Wednesday, August 3, 2011

kumpulan pidato bahasa indonesia

1. KENAKALAN REMAJA

Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat Ibu Kepala Sekolah
Yang terhormat Bapak dan Ibu Guru
Serta teman-teman yang saya sayangi.
Dan Adik-adik kelas yang berbahagia.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya kida semua dapat berkumpul di tempat ini dengan sehat walafiat. Dan kita disini untuk membahas tentang kenakalan remaja yang marak terjadi disekitar kita. Dan tidak lupa shalawat serta salam mari kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu kita nantikan safaatnya di Yaumul Kiamah Allahhumma amin……
KENAKALAN REMAJA
Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang disekitarnya.
Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia 13-18 tahun. Pada usia tersebut, seseorang melalui masa kanak-kanak, namun belum cukup matang untuk dikatakan dewasa. Ia berada pada masa transisi.
Sejak kapan masalah kenakalan remaja mulai disoroti?
Masalah kenakalan remanja mulai mendapat perhatian masyarakat secara khusus sejak terbentuknya peradilan untuk anak-anak nakal pada tahun 1899 di Illionis, Amerika Serikat.
Jenis-jenis kenakalan remaja yaitu
• Penyalah gunaan Narkoba
• Tawuran antar pelajar
• Seks bebas
Adapun hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kenakalan remaja yaitu:
• Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya kontrol diri
bisa disegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan.
• Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk
melakukan point pertama.
• Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga yang
harmonis, komunikatif dan nyaman bagi remaja.
• Remaja pandai memilij teman dan lingkungan yang baik serta
orangtua memberi arahan dengan siapa dan komunitas mana
remaja harus bergaul.
• Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah tepengaruh jika ternyata teman sebaya atau komunitas yang ada tidak sesuai dengan harapan.
Demikian pidato yang dapat saya sampaikan lebih kurangnya saya mohon maad sebesar-besarnya akhir kata wabilahitaufik walhidayah.
Wassalamu’alaikum Wr Wb.


 2.WISUDA

Assalamu’alaikum Wr Wb
Selamat sejahtera bagi kita semua
Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati
Bapak dan Ibu Guru serta staf Tata Usaha yang kami hormati
Teman-teman semua yang kami sayangi dan banggakan
Serta adik-adik ku yang kami cintai Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat.
Pada hari ini kita berkumpul di tempat yang nyaman ini untuk melepaskan kami siswa kelas XII yang telah menamatkan Sekolah Menengah Atas dan setiap perjumpaan akan selalu di akhiri dengan perpisahan. Seandainya di izinkan, mungkin kita tidak menginginkan perpisahan ini. Ikatan antara kita yang sudah sekuat out dengan tebing, tentu ingin kita akhiri begitu saja. Akan tetapi apa daya waktu terus bergera dan usia terus bertambah. Tidak bisa tidak kami harus lulus dan meninggalkan bangku Sekolah Menengah Atas yang amat kami cintai ini, kami harus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi untuk bekal hidup kami selanjutnya dan saya ucapkan terima kasih karena saya diperkenankan berdiri di tengah-tengah tempat ini.
Bapak-bapak, Ibu-ibu yang saya hormati, serta Adik-adik ku yang saya sayangi.
Keberhasilan kami tidak bisa lepas dari jerih payah Bapak dan Ibu Guru yang tanpa mengenal lelah terus memberikan bimbingan dan arahan yang sabar.
Terima kasih kami sampaikan kepada Bapak dan Ibu Guru. Kami tidak mungkin membalas jasa Bapak dan Ibu Guru, kami hanya bisa mendoakan semoga jasa Bapak dan Ibu Guru mendapat balasan yang lebih baik dari Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Selain itu kami berjanji untuk selalu mengingat nasihat dan pesan Bapak dan Ibu Guru untuk terus rajin belajar menuntut ilmu tanpa mengenal waktu dan tempat.
Bapak-bapak, Ibu-ibu yang saya hormati.
Selaku anak didik tentu kami pernah membuat kesalahan, baik yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja. Pada kesempatan ini, saya mewakili teman-teman semua memohon maaf yang sebesar-besarnya atas kesalahan dan kekhilafan yang telah kami lakukan. Semoga Bapak dan Ibu Guru bersedia memaafkan kesalahan kami.
Yang terakhir kami mohon maaf dan doa restu Bapak dan Ibu Guru. Semoga pada kesempatan mendatang kami dapat menjalankan tugas kami dengan baik. Semoga kami dapat meraih cita-cita kami dan berguna bagi nusa dan bangsa. Kami juga berpesan kepada adik-adik teruslah belajar dengan menuntut ilmu, jangan pernah ada kata malas dan putus asa untuk belajar! Karena masa depan bangsa ini ada ditangan kita. Mari kita tuntut ilmu setinggi mungkin!!
Semoga Tuhan memberkati usaha kita. Amin……
Sekarang tibalah kami mengucapkan selamat berpisah sampai jumpa pada kesempatan mendatang. Apabila ada tutur kata dan tingkah kami yang tidak berkenan di hati Bapak, Ibu dan adik-adik kami mohon maaf.
Sekian saya ucapkan terima kasih dan selamat pagi.
Wassalamualaikum Wr Wb.


3.NARKOBA

 
Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang saya cintai
Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dan pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang Narkoba.
Di Indonesia jumlah pengguna narkoba begitu besar, karena lemahnya penegakan hukum di Indonesia para pengedar internasional dapat bekerja sama dengan warga negara Indonesia dan memperoleh keuntungan yang besar. Penyalahgunaan Narkotika dan zat aditif lainnya itu tentu membawa dampak yang luas dan kompleks. Sebagai dampaknya antara lain perubahan perilaku, gangguan kesehatan, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.
Penyalahgunaan narkoba dapat dicegah melalui program-program diantaranya mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, tidak bergaul dengan pengguna atau pengedar narkoba, tidak mudah terpengaruh ajakan atau rayuan untuk menggunakan narkoba. Pengguna narkoba biasanya lebih didominasi oleh para remaja dan anak sekolah.
Sekolah juga memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang bahaya dan akibat dari penyalahgunaan narkoba melalui Guru BP, diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan untuk intervensi dan pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Program lain yang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri-ciri siswa yang menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu yang tak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan.
Biasanya pengedar maupun pemakai di sekolahh telah paham betul program-program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereke tentu saja mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai-pandai tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Jurus-jurus jitu menghindari deteksi sekolah memang mereka kuasai, tapi mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga
Untuk itu marilah kita hindari dan jauhi serta ikut memberantas penggunaan narkoba. Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.
Wassalamu’alaikum Wr Wb


4. KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Assalamualaikum Wr. WbYang terhormat Bapak Kepala Sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru beserta staf Tata Usaha
Dan teman-teman yang berbahagia
Marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat-Nya kepada kita sehingga kita dapat berkumpul di ruangan ini dalam keadaan sehat.
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai sampah-sampah berserakan dimana-mana. Di tempat-tempat umum, disekitar rumah kita, atau di kelas selalu ada sampah. Terkadang kita tidak peduli dengan sampah. Sebenarnya sampah adalah masalah besar untuk kita.
Sampah terdiri dari sampah organik dan sampah non organik. Sampah organik adalah sampah yang dapat mengalami pembusukan dan dapat diuraikan oleh pengurai, sampah organik misalnya guguran dedaunan. Sedangkan sampah non organik adalah sampah yang tidak dapat mengalami pembusukan dan tidak dapat diuraikan oleh pengurai. Sampah non organik dapat terurai melalui pembakaran. Sampah non organik misalnya plastik.
Terkadang kita memakan makanan yang ada bungkusnya, setelah selesai makan, kita langsung membuang bungkus makanan tersebut dengan sembarangan, kita tidak peduli dengan bungkus makanan tersebut, sebenarnya itu akan menjadi masalah besar. Sampah-sampah yang disengaja dibuang di sembarang tempat akan menimbulkan pengaruh yang buruk untuk kita, masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai, mayoritas membuang sampah di sungai. Sampah-sampah yang dibuang di sungai, akan menimbulkan pendangkalan pada sungai karena sampah-sampah mengendap di dasar sungai dan akan menyumbat saluran-saluran air, kemudia saat musim hujan akan terjadi banjiran.
Sampah-sampah sebenarna tidak hanya menimbulkan hal yang buruk untuk kita, tetapi juga memberikan keuntungan untuk kita, jika kita dapat memilahnya dan mengolahnya dengan baik. Sampah organik dapat kita gunakan sebagai pupuk kompos, sedangkan sampah non organik dapat di daur ulang kembali untuk dijadikan barang baru lagi.
Marilah bersama-sama menanggulangi sampah-sampah, agar lingkungan kita menjadi bersih dan indah. Demikian pidato dari saya, saya ucapkan terima kasih.
wassalamualaikum Wr. Wb
 

Ditulis Oleh : ircham yahya // 9:09 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment