Monday, March 12, 2012

konfigurasi squid pada ubuntu server 9.10 dengan webmin

Membuat proksi server pada Ubuntu server bisa dilakukan dengan instalasi dan konfigurasi pada squid.
konfigurasi squid bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu melakukan konfigurasi secara manual pada squid (squid.conf) dengan teks editor atau perubahan / konfigurasi melalui webmin.
Disini saya hanya membagi sedikit pengalaman saya dalam mengkonfigurasi squid melalui Webmin :

1. Pertama-tama kita harus mengginstall webmin dulu
- buka konsol terminal trus ketik $ sudo aptitude install perl libnet-ssleay-perl openssl libaunthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl libmd5-perl
- setelah selesai trus ketik $sudo wget http://prdownloads.sourceforge.net/webadmin/webmin_1.500_all.deb
- setelah itu ketik $sudo dpkg -i webmin_1.500_all.deb.
Setelah semua instalasi selasai… buka browser anda melalui komputer lain trus ketik https://ip-server:10000 ( https://192.168.1.xx:10000)
gambar 1

2. Install squid ketik $sudo apt-get install squid squid-common pada terminal, setelah selsai install squid buka kembali browser anda ketik seperti yang diatas maka tampilanya akan seperti ini.

( jangan lupa klik refresh modules )

langkah-langkah konfigurasi squid :
1. Klik severs —> Squid Proksi Server trus pilih Port and Networking Options disamping sebelah kanan.
Disini kita akan meneyukan port yang akan digunakan. Default dari squid adalah 3128, saya biasanya menggunakan port 8080. Kalau sudah diubah klik Save. trus kembali ke halaman awal.

2. Klik Other Cache pilih Add Another Cache. Pada isisn Hostname, isikan alamat proksi server dan port yang digunakan 8080 dan untuk ICP gunakan Port 3130 ( saya memakai Type parent dan Port 3130 ), setelah selesai klik save dan kembali ke halaman awal lagi.

3. Klik Memory Usage, disini kita akan menentukan besar memory yang akan di gunakan oleh proksi, diisi secara manual, besarannya adalah N/3 dari memory yeng tersedia, setelah selesai klik save dan kembali kehalaman awal.

4. Klik Access Control pilih Create new ACL pilih Client Address trus klik Create new ACl.

5. Masih pada halaman ACL Name, beri nama ACL kemudian isikan form IP dan to IP dengan ip yang boleh mengakses proksi tersebut, sesuaikan netmasknya, jika sudah selesai klik save.

6. Masih di halaman Access Control, Klik Add Proxy Restriction, lalu pilih ACL yang kita buat tadi sesuai contoh dan berikan akses Allow trus klik Save.

7. Agar ACL yang kita buat tersebut dapat di proses terlebih dahulu di bandingkan dengan ACL lainnya, pindah kan urutan ACL tersebut ke urutan paling atas dengan menekan tombol tanda panah ke atas.

8. Setelah semua setting diatas kita lakukan kita kembali kehalaman utama… klik logout
9. buka terminal ketik $ sudo /etc/init.d/squid/squid restart untuk merestart squid tersebut.
10. setting pada client sesuaikan pada settingan yang ada di proksi server tersbut.mungkin itu dulu squid nya ...
Selamat mencoba… semoga sukses..

Ditulis Oleh : ircham yahya // 1:32 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment