Monday, March 12, 2012

resosource info dimikrotik





Router hampir mirip dengan komputer, router juga memiliki komponen yang sama baik PC Router maupun BuiltUp Router. Meski demikian, aktifitas router juga perlu dipantau dari segi hardwarenya.

Tidak hanya bertugas mengalirkan data, tetapi beberapa router juga difungsikan untuk keperluan lebih, misal filtering, security, proxy, dsb... Semakin banyak Aktifitas yang dilakukan, maka akan semakin besar pula resource yang digunakan.

Tidak semua router bisa melayani keperluan yang anda inginkan. Sebelum bahkan setiap saat router sudah bekerja sekalipun, aktifitas hardware perlu dipantau. hal ini bertujuan untuk mengontrol rule yang akan kita terapkan dan menyelaraskan terhadap spek hardware yang ada.

Berikut ini adalah cara bagaimana memantau informasi Hardware Router Mikrotik kita saat bekerja :

1. Buka Winbox,

2. Login pada router (masukkan address, username, password)

3. Klik menu System -> Resource

Yang perlu diperhatikan adalah CPU Load, Apabila frekuensi Load sudahmendekati 100% dalam kurun waktu yang lama maka berhati-hatilah. Ini berarti beban kerja router Anda sangat berat, apabila tidak dikurangi maka bisa mengakibatkan kerusakan pada router. Selain itu Free HDD Space, apabila Anda memasang Web Proxy pada Router, maka pantau terus berapa space harddisk router Anda, jika mendekati 0 maka space harddisk anda habis dan bila dibiarkan maka router bisa hang atau lambat saat configurasi.

Sekian informasi tentang Resource Info di Mikrotik, semoga membantu dalam mengkonfigurasi agar tidak jebol

Ditulis Oleh : ircham yahya // 1:23 PM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment