Thursday, May 17, 2012

Haul KH R. Asnawi Diperingati

 
Keluarga Besar Pondok Pesantren Raudlatuth Thalibin Bendan Kerjasan, Kudus, memperingati haul ke-54 salah satu pendiri NU KH R. Asnawi Rabu (16/5) hari ini. Sejak pagi tadi diadakan khataman Al-Qur'an bin nadhor yang dilanjutkan tahlil umum di makamnya di komplek makam Sunan Kudus dan Rabu malam digelar pengajian umum bersama Habib Umar Muthohar di halaman Pondok pesantren Bendan tersebut.

Ketua Panitia pelaksana H Murwanto mengatakan Peringatan haul ini bertujuan  mendo'akan KH R. Asnawi sebagai tokoh pejuang dan pendiri Nahdlatul Ulama asal Kudus. Haul juga dimaksudkan untuk  meneladani dan mengenang kiprah dan perjuangannya.

"Pelaksanaan haul KH R. Asnawi selalu diperingati pada  tanggal  24 jumadil akhir setiap tahun dimana 54 tahun silam hari itu KHR. Asnawi wafat," ujarnya kepada NU Online.

Ia menjelaskan, peringatan haul dimulai pukul 05.00 Tahtiman Al Qur'an bin Nadhor dilanjutkan Tahlil Umum  pukul 15.30 WIB di Komplek makam Sunan Kudus dan pengajian Umum pukul 19.30 WIB.  Sejumlah Tokoh di Kudus diundang hadir termasuk Mustasyar PBNU KH. Sya'roni Ahmadi akan menyampaikan Maudhoh Hasanah.

"Semua  acara untuk umum maka kami berharap  masyarakat umum khususnya warga NU bisa menghadiri rangkaian  kegiatan haul ini," pintanya.

KH R. Asnawi lahir di kampung Damaran, Kudus pada tahun 1281 H (+1861 M), beliau termasuk keturunan ke-14 dari Sunan Kudus (Raden Ja’far Shodiq) dan keturunan ke-5 dari Kyai Haji Mutamakin seorang wali yang Kramat di desa Kajen Margoyoso Pati, yang hidup pada zaman Sultan Agung Mataram. Beliau KH R. Asnawi juga termasuk  salah satu  pejuang dan pendiri NU.

Tepat hari Sabtu Kliwon tanggal 25 Jumadil Akhir 1378 H, bertepatan tanggal 26 Desember 1959 M, tepatnya jam 03.00 fajar, Mbah Asnawi   telah dipanggil pulang ke rahmatullah dalam usia ke 98 tahun. Makamnya terletak di Komplek Makam Sunan Kudus tepatnya dibelakang masjid Al Aqsho menara Kudus.

Salah satu peninggalannya adalah Pondok pesantren Raudhatuth Thalibin Bendan Kerjasan Kudus yang digunakan kegiatan haul setiap tahunnya.

sumber : www.nu.or.id

Ditulis Oleh : ircham yahya // 9:58 AM
Kategori:

0 komentar:

Post a Comment